RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMAN 3 Klaten
Kelas / Semester : XII IPA / 2
Mata Pelajaran :
Sejarah
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit ( 90
menit )
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran,damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
3.9.
Mengevaluasi perubahan demokrasi
Indonesia dari tahun 1950 sampai dengan era Reformasi.
4.9. Membuat
studi komparasi tentang ide dan gagasan perubahan demokrasi Indonesia
1950 sampai dengan era Reformasi dalam bentuk laporan tertulis.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Melalui
kegiatan pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. menganalisis
informasi tentang sistem dan struktur politik-ekonomi pada masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie,
Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo
Bambang Yudhoyono.
2.
mendiskusikan tentang sistem
dan struktur politik-ekonomi pada masa
pemerintahan Presiden B.J. Habibie,
Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno
Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.
3.
membandingkan tentang sistem
dan struktur politik-ekonomi pada masa pemerintahan Presiden
B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid,
Megawati Sukarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.
D. Materi Pembelajaran
• “Masa
Pemerintahan Presiden B.J. Habibie dan Presiden Abdurrahman
Wahid, Megawati Sukarno
Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono”.
• Semua materi terdapat di buku siswa
halaman 153 – 163.
E. Metode dan Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Model: Presentasi
2. Pendekatan: scientific, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya,
mengeksplorasi,
mengasosiasikan, dan mengomunikasikan.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian
dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta
buku yang diperlukan).
b. Guru menyampaikan topik tentang “Masa Pemerintahan Presiden
B.J.
Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati
Sukarno Putri dan Susilo
Bambang Yudhoyono”
c.
Guru memberikan motivasi
kepada siswa agar belajar dengan
sungguh- sungguh untuk suatu ketika dapat memberikan peran penting dalam
membangun Indonesia.
Kegiatan Inti (60 menit)
a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai.
b.
Guru mengingatkan kembali
tentang kelompok yang
telah dibagi pada pertemuan
pembelajaran sebelumnya, yang ditugaskan mencari informasi mengenai :
1. Kelompok 1 : “Perkembangan
politik
dan
ekonomi
pada
masa
pemerintahan Presiden B.J. Habibie”.
2. Kelompok 2 : “Perkembangan
politik
dan
ekonomi
pada
masa
pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid”.
3. Kelompok 3 : “Perkembangan
politik
dan
ekonomi
pada
masa
pemerintahan Presiden Megawati Sukarno Putri”.
4. Kelompok 4 : “Perkembangan
politik
dan
ekonomi
pada
masa
pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono”.
c. Siswa berdiskusi
dalam kelompok sesuai
dengan materi yang ditugaskan.
d.
Siswa mempersiapkan materi
presentasi kelompok sesuai
dengan materi yang didiskusikan.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Guru
memeriksa hasil diskusi dan persiapan presentasi dari masing- masing kelompok,
yang akan dilakukan
pada pertemuan pembelajaran berikutnya.
b. Guru memberikan
masukan terhadap hasil
diskusi dan persiapan presentasi masing-masing kelompok.
c.
Guru mengingatkan siswa bahwa presentasi dari hasil diskusi siswa akan
dilakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya.
G. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian dilakukan menggunakan
penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Format penilaian sebagai berikut:
1.
Penilaian presentasi
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
Mensyukuri
1-4
|
Sikap Sosial
|
Jumlah
Skor
|
||
Jujur
1-4
|
Kerjasama
1-4
|
Harga
Diri 1-4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a.
Sikap Spiritual
Indikator
sikap spiritual:
• Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
• Memberi salam pada
saat
awal
dan
akhir
presentasi
sesuai
agama yang dianut
• Saling menghormati, toleransi

Rubrik
pemberian skor:
•
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
•
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
•
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
•
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.
b.
Sikap Sosial
1)
Sikap jujur
Indikator
sikap sosial “jujur”
• Tidak
berbohong
• Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
• Tidak
nyontek, tidak plagiat
• Terus
terang
Rubrik
pemberian skor
•
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
•
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
•
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
•
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan
tersebut.
2)
Sikap kerja sama
Indikator
sikap sosial “kerja sama”
• Peduli kepada sesama
• Saling membantu dalam hal kebaikan
• Saling menghargai/ toleran
• Ramah dengan sesama.
Rubrik
pemberian skor
•
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
•
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
•
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
•
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan
tersebut
3) Sikap harga
diri
Indikator
sikap sosial “harga diri”
• Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka yang
mengejek
• Cinta produk negeri sendiri
• Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat
sendiri.
Rubrik
pemberian skor
•
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
•
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
•
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
•
1= jika
siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan
tersebut.
2.
Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Instrumen
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
Nilai
= Jumlah skor
3.
Penilaian presentasi
No
|
Nama
|
Men- jelaskan
1-4
|
Mem- visualisasi- kan
1-4
|
Merespon
1-4
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Nilai
= Jumlah skor dibagi 3
Keterangan:
a. Keterampilan menjelaskan adalah
kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.
b.
Keterampilan memvisualisasikan berkaitan
dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas informasi seunik
mungkin,
semenarik mungkin, atau sekreatif
mungkin.
c.
Keterampilan merespon adalah kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak
lain secara empatik.
d.
Skor rentang antara – 4
• 1 = Kurang
• 2 = Cukup
• 3 = Baik
• 4 = Amat
Baik.
1.
Program remidial
Rancangan
kegiatan remidial dilakukan melalui remidial, bentuk kegiatan diakhiri dengan
remidial tes. Diantara bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain :
a)
Pemberian
pembelajaran ulang
b)
Pemberian bimbingan
khusus
c)
Pemberian
tugas-tugas/latihan
d)
Pemanfaatan tutor
sebaya
2.
Program
Pengayaan
Rancangan kegiatan pengayaan dilakukan melalui
pengayaan, bentuk kegiatan diakhiri dengan remidial tes. Diantara bentuk
kegiatan yang dilaksanakan antara lain :
a)
Belajar kelompok
b)
Belajar mandiri
c)
Pembelajaran
berbasis tema
d)
Pemadatan kurikulum
Kegiatan
diakhiri dengan evaluasi pengayaan, dan hasil pengayaan merupakan nilai tambah
bagi siswa tersebut.
H. Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat dan Bahan :
a. Power
point
b. LCD
2.
Sumber Belajar:
·
Notosusanto,
Nugroho dkk. 1985. Sejarah Nasional Indonesia untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.
Jakarta: Depdikbud.
·
Poesponegoro,
Marwati Djoened (dkk). 1993. Sejarah Nasional Indonesia Jilid I,
Jakarta: Balai Pustaka.
·
Buku Guru
Sejarah Indonesia kelas XII
·
Buku Siswa
Sejarah Indonesiakelas XII
·
Sejarah
Indonesia Kemendikbud RI 2015
·
I
Wayan Badrika, Sejarah untuk SMA kelas XII, Penerbit Erlangga
Mengetahui,
Kepala SMA N. 3 Klaten
Suharjo,S.Pd.,M.Si
NIP. 19710611
199412 1 001
|
|
Klaten, 04
Januari 2016
Guru mapel Sejarah
Suratno, S Pd
NIP. 19741013 201410 1 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar