MGMP SEJARAH SMA KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

Senin, 08 Februari 2016

contoh rpp sejarah kelas XII peminatan kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SMAN 3 Klaten
Kelas / Semester            : XII IPS Peminatan / 2
Mata Pelajaran              : Sejarah
Alokasi Waktu              : 4 x 45 menit ( 90 menit )


A.      Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.8.   Mengevaluasi  perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan  pada masa Orde Baru dan    Reformasi

4.8.   Merekonstruksi perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan  pada masa Orde Baru dan   Reformasi,menyajikan dalam bentuk tulisan.


C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

Melalui kegiatan  pembelajaran ini, peserta  didik mampu:

1. menganalisis informasi tentang sistem dan struktur politik-ekonomi pada masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

2. mendiskusikan tentang sistem dan struktur politik-ekonomi pada masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

3. membandingkan  tentang  sistem  dan  struktur  politik-ekonomi  pada masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

D.     Materi Pembelajaran

   “Masa Pemerintahan Presiden B.J. Habibie dan Presiden Abdurrahman
Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono”.

   Semua materi terdapat di buku siswa halaman 153 – 163.


E.      Metode dan Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Model: Presentasi

2. Pendekatan: scientific, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan.


F.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).

b. Guru menyampaikan topik tentang “Masa Pemerintahan Presiden B.J.
Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo
Bambang Yudhoyono”

c. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar belajar dengan sungguh- sungguh untuk suatu ketika dapat memberikan peran penting dalam membangun Indonesia.

Kegiatan Inti (60 menit)

a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

b. Guru  mengingatkan  kembali  tentang  kelompok  yang  telah  dibagi pada pertemuan pembelajaran sebelumnya, yang ditugaskan mencari informasi mengenai :

1. Kelompok  1  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie”.

2. Kelompok  2  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid”.

3. Kelompok  3  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarno Putri”.

4. Kelompok  4  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono”.

c. Siswa   berdiskusi   dalam   kelompok   sesuai   dengan   materi   yang ditugaskan.

d. Siswa  mempersiapkan  materi  presentasi  kelompok  sesuai  dengan materi yang didiskusikan.


Kegiatan Penutup (15 menit)

a. Guru memeriksa hasil diskusi dan persiapan presentasi dari masing- masing kelompok, yang akan dilakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya.

b. Guru  memberikan  masukan  terhadap  hasil  diskusi  dan  persiapan presentasi masing-masing kelompok.

c. Guru mengingatkan siswa bahwa presentasi dari hasil diskusi siswa akan dilakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya.

PERTEMUAN 2
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).

b. Guru menyampaikan topik tentang “Masa Pemerintahan Presiden B.J.
Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo
Bambang Yudhoyono”

c. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar belajar dengan sungguh- sungguh untuk suatu ketika dapat memberikan peran penting dalam membangun Indonesia.

Kegiatan Inti (60 menit)

a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

b. Guru  mengingatkan  kembali  tentang  kelompok  yang  telah  dibagi pada pertemuan pembelajaran sebelumnya, yang ditugaskan mencari informasi mengenai :

1. Kelompok  1  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie”.

2. Kelompok  2  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid”.

3. Kelompok  3  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarno Putri”.

4. Kelompok  4  :  “Perkembangan  politik  dan  ekonomi  pada  masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono”.

c. Siswa   berdiskusi   dalam   kelompok   sesuai   dengan   materi   yang ditugaskan.

d. Siswa  mempersiapkan  materi  presentasi  kelompok  sesuai  dengan materi yang didiskusikan.


Kegiatan Penutup (15 menit)

a. Guru memeriksa hasil diskusi dan persiapan presentasi dari masing- masing kelompok, yang akan dilakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya.

b. Guru  memberikan  masukan  terhadap  hasil  diskusi  dan  persiapan presentasi masing-masing kelompok.

c. Guru mengingatkan siswa bahwa presentasi dari hasil diskusi siswa akan dilakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya.

G.     Penilaian Hasil Belajar

Penilaian dilakukan menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut:

1. Penilaian  presentasi


No

Nama
Sikap Spiritual Mensyukuri
1-4
Sikap Sosial


Jumlah
Skor

Jujur
1-4

Kerjasama
1-4

Harga
Diri 1-4
1






2






3






4






5






Keterangan:

a. Sikap Spiritual

Indikator sikap spiritual:

   Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan  pembelajaran

   Memberi  salam  pada  saat  awal  dan  akhir  presentasi  sesuai
agama  yang dianut

   Saling menghormati, toleransi

   Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas.

Rubrik pemberian skor:

• 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

• 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

• 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

• 1 = jika  siswa melakukan  salah satu (empat)  kegiatan tersebut.

b. Sikap Sosial

1) Sikap jujur

Indikator sikap sosial “jujur”

Tidak berbohong

  Mengembalikan kepada yang  berhak bila menemukan sesuatu

Tidak nyontek, tidak plagiat

Terus terang

Rubrik pemberian skor

• 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

• 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

• 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

• 1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan
tersebut.

2) Sikap kerja sama

Indikator sikap sosial “kerja sama”

  Peduli kepada sesama

  Saling membantu dalam hal kebaikan

  Saling menghargai/ toleran

  Ramah dengan sesama.

Rubrik pemberian skor

• 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

• 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

• 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

• 1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan
tersebut


3)  Sikap harga diri

Indikator sikap sosial “harga diri”

  Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka yang mengejek

  Cinta produk negeri sendiri

Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat
sendiri.

Rubrik pemberian skor

• 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

• 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

• 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

• 1=  jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan
tersebut.



2. Penilaian  Pengetahuan


No

Butir Instrumen
1

2

3

4

5

Nilai = Jumlah skor


3. Penilaian  presentasi


No

Nama
Men- jelaskan
1-4
Mem- visualisasi- kan 1-4

Merespon
1-4

Jumlah skor
1





2





3





4





5





Nilai = Jumlah skor dibagi 3

Keterangan:

a. Keterampilan menjelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.

b. Keterampilan memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat           atau  mengemas  informasi  seunik  mungkin, semenarik mungkin,  atau sekreatif mungkin.

c. Keterampilan merespon adalah kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.

d. Skor rentang antara  – 4

  1 = Kurang

  2 = Cukup

  3 = Baik

  4 = Amat Baik.

1.      Program remidial
Rancangan kegiatan remidial dilakukan melalui remidial, bentuk kegiatan diakhiri dengan remidial tes. Diantara bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain :
a)   Pemberian pembelajaran ulang
b)   Pemberian bimbingan khusus
c)    Pemberian tugas-tugas/latihan
d)   Pemanfaatan tutor sebaya

2.      Program Pengayaan
Rancangan kegiatan pengayaan dilakukan melalui pengayaan, bentuk kegiatan diakhiri dengan remidial tes. Diantara bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain :
a)    Belajar kelompok
b)   Belajar mandiri
c)    Pembelajaran berbasis tema
d)   Pemadatan kurikulum
Kegiatan diakhiri dengan evaluasi pengayaan, dan hasil pengayaan merupakan nilai tambah bagi siswa tersebut.

H.      Alat dan Sumber Belajar
1.         Alat dan Bahan :
a.       Power point
b.      LCD
2.         Sumber Belajar:
·         Notosusanto, Nugroho dkk. 1985. Sejarah Nasional Indonesia  untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jakarta: Depdikbud.
·         Poesponegoro, Marwati Djoened (dkk). 1993. Sejarah Nasional Indonesia Jilid I, Jakarta: Balai Pustaka.
·         Buku Guru Sejarah Indonesia kelas XII
·         Buku Siswa Sejarah Indonesiakelas XII
·         Sejarah Indonesia Kemendikbud RI 2015
·         I Wayan Badrika, Sejarah untuk SMA kelas XII, Penerbit Erlangga



Mengetahui,
Kepala SMA N. 3 Klaten



Suharjo,S.Pd.,M.Si
NIP. 19710611 199412 1 001

Klaten,  04 Januari 2016
Guru mapel Sejarah



Darsono, S Pd
NIP. 19560608 198503 1 010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar